Air Terjun Blang Kolam Wisata Yang Terlupakan

Air Terjun Blang Kolam Wisata Yang Terlupakan. Air Terjun Blang Kolam salah sebuah objek wisata yang menjadi andalan warga Aceh Utara. Air terjun alami ini pernah mencapai punjak kemegahannya dibawah tahun 1998, namun mulai 1998 sampai 2008 mati total karena pengaruh konflik Aceh. Diatas tahun 2008 objek wisata Air Terjun Blang Kolam mulai dihidupkan kembali dengan dilakukan beberapa renovasi infrastruktur di sana. Tapi sayang, renovasi itu belum menyentuh pada pembangunan fisik inti objek wisata itu, yaitu pembangunan tangga. Air Terjun Blang Kolam mulai terlupakan, terlupakan oleh minat pengunjung, dan juga dilupakan oleh pemerintah setempat. 

Objek Wisata Air Terjun Blang Kolam seharusnya menjadi perhatian serius pemerintah untuk mengembangkannya, karena Objek Wisata Air Terjun Blang Kolam merupakan potensi pendapatan daerah. Tidak hanya penting dilakukan pembangunan secara fisik, juga penting disiapkan aturan wisata yang mampu menjamin keamanan pengunjung. Tidak terjadi pemerasan, harga barang yang melangit, dan yang terpenting adanya aturan bagi pengunjung untuk tetap menjaga nilai-nilai syariah. Bukan sebaliknya, praktek perzinaan terjadi, praktek perjudian, praktek pemerasaan, dan praktek keji lainnya. 


Beberapa hal tersebut penting disiapkan, sehingga Objek Wisata Air Terjun Blang Kolam mendapatkan kenyaman bagi setiap pengunjung. Pengelolaan Objek Wisata Air Terjun Blang Kolam yang berada di Kecamatan Kutamakmur juga harus membangun kerjasama dengan masyarakat setempat. Kerjasama yang jelas, bukan berarti melegalkan pengelolaan Objek Wisata Air Terjun Blang Kolam oleh para preman, dan tentunya aturan yang diterapkan juga sesuka hati.

Pengelolaan Objek Wisata Air Terjun Blang Kolam harus mencerminkan objek wisata yang islami, untuk mewujudkan itu perlu dibangun fasilitas ibadah. Kebersihan lokasi juga sangat diutamakan, semak-semak belukar yang bisa dijadikan media khalwat harus dihilangkan, sehingga Objek Wisata Air Terjun Blang Kolam menjadi terbuka, nyaman buat keluarga dan pasangan muda-mudi.

Selain itu, penting dilakukan penataan kantin atau tempat jajanan sehingga tidak terkesan kumuh. Ini harus menjadi PR bagi Pemerintah Aceh Utara dalam upaya pengembangan Objek Wisata Air Terjun Blang Kolam. Sehingga potensi alam yang dihadiahi oleh Tuhan dapat termanfaatkan dengan baik. 

Dan yang terkahir, sangkar kerengkeng satwa yang sudah terbangun harus difungsikan dengan baik, setidaknya pengunjung yang berkunjungan Objek Wisata Air Terjun Blang Kolam tidak hanya bisa menikmati indahnya alam, juga bisa melihat beberapa satwa yang menjadi ciri khas daerah setempat. Penghijauan atau reboisasi terhadap beberapa kawasan disekitar Objek Wisata Air Terjun Blang Kolam perlu juga dilakukan. Karena paska konflik banyak kawasan yang tergolong kritis dan hancur.

Tualang berharap, tahun 2016 harus menjadi tahun pengembangan objek wisata yang ada di Aceh Utara, termasuk Objek Wisata Air Terjun Blang Kolam.[]

Artikel terkait:

Membuat Pembangkit Listrik Mikro Hidro Air 

Cara Menghitung Debit Air Terjun

Cara Hitung Debit Air Secara Sederhana

Cara Menghitung Debit Air

Manfaat Air Putih

Manfaat Air Nira 

Rahasia Dibalik Air Kelapa

Khasiat Air Kelapa Muda Bagi Ibu Hamil

8 Manfaat Air Kelapa Muda

Air "Nafas" Manusia

Penyebab Banjir

Merawat Air

Rahasia Dibalik Air